Rabu, 08 Mei 2013

Cara Mencari Siaran Astro (Cepat dan Mudah)

Bagi yang gila bola dan sering main ke facebook fp pasti nggak asing dengan nama Astro. Sebuah Penyelenggara tv berbayar asal negeri Jiran (Malaysia), kontent siaran untuk sport boleh dibilang sangat sangat lengkap, dari Liga Inggris, Liga Perancis, Liga Jerman, Liga Italia, Liga Champion, European League, Smackdown, Moto GP, F1, Tinju, Bulu tangkis, Golf, Tennis, semuanya sudah ada di sini. Boleh dikata ini adalah sorganya pecinta sport. Untuk dapat menikmati siaran ini tidak semudah yang dibayangkan, karena harus membeli kartu tayang resmi atau berlangganan langsung dengan paket tahunan, artinya paket sekali bayar adalah satu tahun full.


Tapi di sini nggak saya bahas tentang siaran, saya akan bahas tentang cara mencari satelitnya. Sebagaimana kita tau kalau siaran astro bercokol di satelit Measat3 pada posisi 91.5 E atau sebalah jauh poosisi satelit Telkom (Rumah Antv, Transtv, trans7 dkk berada).

Untuk mencari satelit ini boleh dikata gampang dan bisa dikata sangat susah, dikatakan gampang bagi yang sudah level expert dalam hal parabola. Dibilang sangat susah bagi yang belum pernah mencoba petualangan dengan dunia Kuband.

Oke dilanjut.... yang perlu dipersiapkan adalah:
- Dish >>> boleh offset (oval) eks tv berbayar atau dish solid 6ft ke atas
- Lnb kuband (wajib) >>> boleh pake tipe offset atau bisa pakai tipe prime fokus, sesuaikan dengan dish yang ada, dish solid bundar dipasangkan dengan lnb bentuk primefokus, dish oval offset dipasangkan dengan lnb jenis offset. Secara kasat mata Lnb prime fokus biasanya mempunyai ciri leher yang panjang, sedangkan jenis lnb offset kebalikannya yaitu leher pendek, atau bisa cari di google.
- Peralatan penunjang, bor, kunci pas, obeng dsb.

Langkah pencarian:
Rangkai dish terlebih dahulu ke tiang parabola, jangan terlalu kuat mengencangkan baut di mounting (bertujuan untuk adjustment nanti). Selanjutnya pasang lnb ke dudukan (bracket) kalau nggak ada boleh pakai kawat atau buat dudukan sendiri yang penting lnb bisa nempel di tiang fokus parabola. Posisikan lnb menghadap ke tengah dish, jangan lupa arah konektor menghaadp ke Utara atau Selatan, kenapa harus ke utara atau selatan ? Ini supaya data yang diperoleh sesuai dengan data transponder pada umumnya.

Berikutnya adalah tracking atau hunting satelit, supaya mudah dalam melakukan pencarian sebaiknya jangan langsung mengarahkan parabola ke Measat, sebaiknya anda arahakan dulu dish ke NSS6 dalam hal ini saya berpatokan pada frequensi 11131 v 30000. Usahakan dapat satelit ini-nggak perlu maksimal yang penting kita tau berapa kemiringan dish buat NSS6. Bila transponder tadi sudah bisa dilock dengan baik lalu turunkan sedikit dish anda ke arah Barat, Pelan pelan saja bosss.... karena Astro sedang menanti anda.. oiya sebelumnya ganti transponder 11131 v 30000 menjadi 11102 v 30000. Sudah belum... nah tinggal geser ke Barat dikit ya. Pelan dan pasti akan ada sedikit penamapakan sinyal, langkah selanjutnya tinggal adjust atau memaksimalkan kualitas signalnya. Bisa geser kiri kanan atau Barat Timur sampai ketemu signal yang maksimal.

Usahakan pada transponder yang tadi yaitu 11102 v 30000 bisa diperoleh kualitas signal minimal 30% supaya bisa lock semua transponder yang ada dan gambar dijamin nggak akan cekot cekot kecuali ada hujan agak besar. Lalu bagaimana supaya bisa melihat tayangannya. Seperti yang saya sebutkan di awal yaitu harus berlanggan, atau anda bisa search cara lainnya  misalnya fly...
Catatan Khusus:
Bagi newbie kalau mau nyoba sebaiknya belilah lnb kuband yang universal jangan yang ex astro punya untuk memudahakan proses tracking.

Silahkan dikopas bila catatan ini berguna bagi anda tapi jangan lupa kasih kredit ke blog ini, hargailah karya orang lain kalau anda ingin dihargai.

Tidak ada komentar: